Seberapa hebatkah iPad ??

 

    Mungkin nih mungkin sobat semua gak kan lupa video Steve Jobs berdiri dipanggung dengan berbalutkan pullover hitam kecoklatan dan jeans biru memamerkan iPad( ini bagi sobat yang sudah nonton videonya lho, klo belum cari aja di youtube) , iPad itu tablet terbaru bikinan Apple. Kala itu tanggal 27 Januari dan penjualannya belum dimulai, namun ratusan ribu orang telah melihat rakaman peluncuran iPad di youtube.
    Meskipun orang-orang tau baru bisa membeli produk itu di bulan April (itupun hanya di Amerika Serikat), dengan hanya melihat videonya mereka telah semangat bercerita pada kawan-kawannya seakan mereka telah mencicipi produk tersebut. Maka dari itu tak heran produk ini terjual 500 ribu unit dalam sepekan, tak heran pula harga iPad termurah di Amerika dijual US$499 menjadi sekitar 7 juta rupiah ketika masuk Indonesia. Itu pun gak ada garansinya karena bukan masuk lewat importir resmi, melainkan lewat pedagang perorangan saja.

    Untuk hal itu kali ini Compsg akan mencoba mengupas seberapa hebat ipad itu. Dengan dimensi panjang 9.56 inchi (242.8 mm), lebar 7.47 inchi ( 189.7 mm) dan ketebalan 0.5 inchi (13.4 mm), beratnya tidak lebih dari 0.68 kg. Kalau sobat pernah mempunyai iPod Touch ataupun iPhone 3G, katanya itu kira-kira bentuknya ya hampir kaya gitu (Compsg juga gak tau kan belum pernah nyoba iPad). Permukaan layar sentuhnya sangat tahan gores (katanya sih ada yang gores layar iPhone pake kunci kontak sepeda motor tanpa menimbulkan bekas sedikitpun dilayarnya). Menggunakan layar sentuh transitive, jadi gak perlu stylus buat akses menunya, cukup sentuh, geser dan “cubit” layarnya maka kita bisa berinteraksi dengan semua program yang ada.
     Sejatinya alat ini tidak bisa digunakan untuk komputasi tingkat menengah. Menggunakan prosesor Cortex A8, RAM hanya 256MB dan ditunjang PowerVR SGX 535 untuk memperkuat pengolahan tampilan, iPad tidak lebih dari sebuah iPod Touch dengan bodi yang 3x lebih besar, layar lebih lebar dan ketersediaan hardisk solidstatenya 16,32 dan 64 GB. iPad lebih mengedepankan fungsi sebagai eBook reader, internet tablet dengan model dan desain yang cukup funky.

    Tapi setelah diluncurkan, para penggemar Apple mulai menuai kekecewaan. Beberapa pembelinya mengeluhkan :
1. penerimaan signal wifi yang sangat lemah
2. Klaim baterai yang katanya 10 jam tidak tercapai
3. Tidak dapat melakukan charging dengan baik jika kabel USB ditancapkan ke komputer.
4. Dan banyak keluhan lainnya( cari aja di google ya)

    Tapi tenang aja, pihak Apple segera bertindak cepat untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan tersebut. Unit-unit yang memiliki kelemahan hardware langsung disiapkan replacement unitnya dalam waktu 2 minggu. Maka dari itu tak heran Apple terkenal memiliki aftersales service yang luar biasa. Sedangkan untuk kelemahan di sisi software akan ada upgrade segera di bulan ini bersamaan dengan firmware upgrade iPhone versi 4.0.1. Bahkan konon katanya akan ada fasilitas multitasking di firmware iPad yang baru.

    Nah,.. itu sedikit ulasannya dan tentang hebat tidaknya iPad itu sobat semua yang menentukan, karena jika sobat anggap itu produk yang hebat dan tak hebat-hebat amat itu semua pendapat sobat sekalian
Salam Blogger